Monday, June 15, 2009

Dapatkah Indonesia mempertahankan Pulau Ambalat?

Indonesia adalah negara dengan ribuan pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke, bahkan sejak zaman kerajaan dahulu negara tetangga seperti malaysia singapura dan brunei adalah merupakan bagian dari kerajaan Majapahit yang di pimpin oleh seorang raja bernama Hayam wuruk dengan patih yang terkenal sakti dan gagah berani bernama Gajah Mada. Dengan sumpah pallapa dia mengikrarkan seluruh wilayah yang di beri nama nusantara bersatu, tapi di dunia yang modern dan globalisasi di berbagai bidang wilayah Nusantara semakin berkurang. Bahkan sekarang ini nusantara terancam kehilangan satu pulau lagi setelah pulau sipadan dan ligitan lepas kini pulau ambalat siap di terkam lagi oleh malaysia.

Indonesia adalah negara kelautan yang memiliki bukti dan dokumen sejak peninggalan pemerintah Belanda yang sangat kuat mengenai Nusantara yang memuat hukum laut dan batas garis pangkal nusantara dan batas laut dasar sampai pantai dasar serta di mana posisi perairan Indonesia berada sampai 200 mil dari Zona Ekonomi Eksklusif.

Pakar hukum laut internasional, Prof Dr Hasyim Djalal, menegaskan, secara hukum serta berdasarkan konsensus Mahkamah Internasional, Indonesia pemilik sah wilayah Ambalat. Jika kasus ini kembali diajukan ke Mahkamah Internasional, Indonesia memiliki alat bukti kuat mengenai kepemilikan kawasan tersebut sebagai bagian dari wilayah Nusantara.

Sudah beberapa kali Pesawat pengintai udara Malaysia jenis Super King telah dua kali melintasi wilayah udara RI di sekitar perairan Tarakan, Kalimantan Timur. Bahkan Pesawat pengintai itu terbang melintas di atas kapal perang TNI Angkatan Laut yang tengah patroli di perbatasan RI - Malaysia, khususnya di sekitar Ambalat

Sikap pemerintah malaysia terhadap kedaulatan negara kesatuan sudah tidak bisa di benarkan. Pulau Ambalat yang secara defacto adalah wilayah RI tidak dihormati. Padahal pulau simpadan dan ligitan sudah diambil dengan cara-cara yang tidak pantas dan memalukan.

Yang mengherankan para pemimpin-pemimpin kita tetap saja mau diperdaya oleh malaysia. Bahkan sekarang lagi trend dimana selalu saja ada tokoh-tokoh dari sana yang mengaku-ngaku masih keturunan bangsawan inilah atau raja itulah tetapi kita tidak tahu apa modus sebenarnya. Daripada sibuk urus politik, jadi tim sukses. Bagaimana kalau menjadi tim pemenangan atas Ambalat supaya wilayah kedaulatan kita tidak di permainkan. Kalau begitu sikap malaysia, hanya satu yang layak kita berikan pada negara tetangga kita, GANYANG MALAYSIA..!!

No comments:

Post a Comment

Bisakah kita dapatkan uang dari internet..?

Powered By Blogger